Cara Jitu Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cepat

2/18/2013

Kerontokan rambut bisa dialami oleh siapa saja, baik laki-laki atau pun perempuan. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi rambt rontok, seperti cara alami, cara tradisional atau pun cara modern dalam mengobati kerontokan tersebut.

Seperti halnya bekas jerawat, kerontokan pada rambut tentunya akan mengurangi rasa kepercayaan diri Anda karena lama-kelamaan bisa saja menyebabkan kebotakan. Maka muncul pertanyaan besar, bagaimana cara mengatasi rambut rontok dengan cepat?


Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Cepat

Untuk mengatasi rambut rontok maka perlu dicari dahulu penyebab kerontokan tersebut. Beberapa fakta menunjukkan penyebab rambut rontok antara lain adalah kebiasaan merawat rambut yang tidak baik, rambut rontok karena tubuh sedang tidak sehat, dan karena keturunan rambut rontok.


Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Cepat


Adapun penyebab rambut rontok karena kebiasaan yang tidak baik misalnya adalah kebiasaan memanaskan rambut baik itu dengan hair dryer, hot curling ataupun flat iron; terlalu sering mencuci rambut dalam sehari yang akan membuat kadar minyak alami pada rambut berkurang sehingga menyebabkan rambut mudah patah; kebiasaan menggunakan sisir yang bergerigi rapat; kebiasaan mengikat rambut dengan ketat.

Sementara itu penyebab rambut rontok karena tubuh tidak sehat antara lain adalah sebagai berikut:


Rambut rontok karena kekurangan kalori
Bagaimana kita bisa kekurangan kalori? Hmm.., hal ini biasanya akan dialami oleh orang-orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Mereka akan menempuh berbagai cara termasuk diet ketat rendah kalori. Diet semacam ini akan menyebabkan keletihan, dehidrasi, dan keram, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan secara umum, termasuk kesehatan rambut. Untuk mengurangi dampaknya, pastikan untuk memberikan tubuh dengan asupan protein yang cukup. Perlu Anda ketahui bahwa protein merupakan zat esensial untuk menjaga kesehatan rambut agar kuat dan tidak mudah rontok.

Rambut rontok karena stres
Apa hubungannya stress dengan kerontokan rambut? Begini saudara-saudara yang budiman.., tingkat stres yang tinggi konon bisa menyebabkan folikel rambut "tertidur" karena terserang oleh sel darah putih. Akibatnya tak lama kemudian rambut akan mengalami kerontokan. Bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa saja melakukan relaksasi melalui aktivitas yoga, terapi, meditasi dan lain-lain. Hindari tekanan dan penyebab stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut yang lebih parah yang dapat mengarah pada kebotakan. Rambut akan mulai tumbuh kembali ketika pori-pori kulit kepala sudah tertutup.

Rambut rontok karena hypo atau hyperthyroidism
Hypo atau hyperthyroidism dapat menyebabkan rambut rontok? Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Adapun cara mengatasi kedua kondisi ini bisa saja mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyeimbangkan kembali hormon tiroid dalam tubuh Anda.

Rambut rontok karena anemia
Anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi sangat diperlukan untuk kesehatan folikel rambut. Bila ini dibiarkan, maka salah satu efeknya akan membuat rambut Anda rontok. Solusinya adalah dengan mengonsumsi suplemen zat besi dan vitamin C. kehadiran vitamin C akan membantu penyerapan zat besi sehingga rambut rontok dapat diatasi dengan cara murah, cepat dan efektif.

Rambut rontok karena obat-obatan tertentu
Apakah Anda suka mengonsumsi obat-obatan keras semacam antidepresan, diuretik, pil Rx dan sejenisnya. Ketahuilah bahwa obat-obatan semacam itu memiliki efek samping yaitu menyebabkan kerontokan rambut. Cara mengatasinya adalah dengan menurunkan dosis obat-obatan tersebut. Atau jika memungkinkan gantilah obat-obatan tersebut dengan pengobatan alternatif lainnya.

Penyebab rambut rontok yang terakhir adalah karena keturunan. Kerontakan semacam ini sangat sulit dihindari karena memang sudah terbawa dalam gen keturunan. Berikut ini adalah tips cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan karena keturunan


  1. Pada saat keramas, pakailah kondisioner pada seluruh rambut. Gunakan sedikit saja, minimalkan kondisioner mengenai kulit kepala. Jika terlalu banyak, kondisioner akan mengakibatkan rambut gatal.
  2. Selagi Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.
  3. Pilih sampo herbal atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.
  4. Jangan memakai air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat suam kuku.
  5. Keringkan tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek handuk akan gampang tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.
  6. Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
  7. Hindari pemakaian jepitan atau karet. Biarkan rambut tergerai.
  8. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.

Lalu bagaimana jika rambut sudah mulai rontok tanpa Anda sadari? Anda tidak perlu panik karena lebahndut telah menemukan cara merawat dan mengatasi rambat yang mulai rontok.

Berikut ini adalah tips cara mengatasi rambut rontok dengan cepat yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi kerontokan rambut yang tak dapat dihindari.


  • Biasakan untuk mengonsumsi makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.
  • Gunakan kondisioner yang mengandung ginseng agar rambut sehat berkilau dan tidak mudah patah sehingga rambut tak mudah rontok.
  • Gunakan sisir yang bergigi renggang (jarang), termasuk ketika Anda menggunakan kondisioner, agar rambut tidak kusut saat dibilas.
  • Pilihlah sampo herbal alami atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.
  • Hindari menggunakan air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat kuku karena ini lebih baik unuk kesehatan rambut.
  • Keringkan rambut dengan diangin-anginkan saja, tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek dengan handuk akan mudah tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab.
  • Gunakan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.
  • Sedapat mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.
  • Keramaslah dengan sampo yang mengandung ginseng, yang berfungsi membersihkan rambut dari segala kotoran serta menguatkan akar dan batang rambut sehingga tidak mudah patah dna tidak mudah rontok.
  • Gunakan masker rambut untuk memberi asupan nutrisi rambut, merawat dan memulihkan kesehatan serta keindahan rambut. Gunakan masker rambut 2-3 kali seminggu.
  • Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Sebaiknya gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.
  • Jika rambut masih terjadi kerontokan terus, periksakan dan konsultasikan ke dokter ahli dermatologi.

Itulah beberapa tips cara mengatasi kerontokan rambut berdasarkan penyebabnya dan tips secara umum yang dapat anda praktekkan

0 comments: