Pilih Mana Ponsel Keren iPhone5 atau BlackBerry Z10

2/16/2013


Kehadiran smartphone BlackBerry Z10 awal pekan ini, membuat penasaran konsumen dan pakar teknologi, berkat beberapa fitur yang mengalami perubahan.
Terlepas dari itu, banyak pula yang ingin tahu bagaimana jika Z10 ini dibandingkan dengan iPhone5. Ponsel manakah yang cenderung dibeli konsumen?
IPhone 5 bisa dianggap sebagai salah satu smartphone terbaik dalam segi desain. Apple menciptakan ponsel ini dengan presisi luarbiasa jika dibanding manufacturer lainnya. Hasilnya pun jelas berbicara fakta. Terlihat mantap dan luar biasa, dengan casing dari bahan aluminium dan kaca. Jika diangkat terasa ringan, namun juga diciptakan dengan tombol-tombol yang kokoh. Bentuknya yang panjang dan langsing memungkinkan nyaman jika dipakai satu tangan.
Sementara Z10 mengedepankan desain cocok untuk digunakan bagi para karyawan perusahaan. Tampak terlihat ringan, walaupun sebenarnya lebih berat dibandingkan iPhone 5. Penutup belakang bisa dilepas terbuat dari bahan karet membuatnya tidak mudah jatuh jika dalam genggaman.
  • BlackBerry Z10: 130 x 65.6 x 9 mm, 137.5g
  • Apple iPhone 5: 123.8 x 58.6 x 7.6 mm, 112g
Jika dianalisa sekilas, ponsel baru BlackBerry Z10 memiliki layar sedikit lebih besar jika dibandingkan iPhone5. Perangkat baru ini pun diciptakan dengan layar lebih tajam, berkat kepadatan display 355 ppi, sementara gadget andalan Apple, iPhone5 hanya mengusung 326 ppi. Layar lebih lebar memungkinkan lebih nyaman untuk dapat menonton video dan bermain game ataupun untuk browsing web dan email.
  • BlackBerry Z10 display: 355 ppi, 4.2 inches, 768 x 1280 pixels
  • Apple iPhone 5 display: 326 ppi, 4.0 inches, 640 x 1136 pixels
Dari segi prosesor, Z10 dan iPhone 5 sama-sama memiliki CPU dual-core, namun BlackBerry memiliki 2GB RAM sedangkan iPhone5 hanya 1GB.
Untuk mengejar ketinggalan, BlackBerry menyematkan aplikasi BBM Video Chat, fungsinya mirip dengan fitur FaceTime pada Apple. Sehingga untuk pertama kalinya, pengguna BlackBerry akan dapat memanfaatkan video chatting pada smartphone mereka. Hal itu menjadi daya tarik tersendiri untuk pengguna fans berat BlackBerry.
BlackBerry Z10 berjalan dengan OS BB10 yang dalam banyak hal mirip seperti sistem operasi pada BlackBerry PlayBook. Jika Anda sering menggunakan PlayBook, maka Z10 tentu tidak asing lagi dipakai. Sistem ini kebanyakan menggunakan fitur menggesek daripada menekan. Menjelajahi OS ini diklaim cepat dan mudah, serta licin.
Pengalaman touchscreen pada Z10 inipun lebih kohesif dibanding iOS, sehingga Anda dapat dengan cepat beralih antara aplikasi yang sedang berjalan, menutup aplikasi, geser ke kanan untuk email ataupun geser ke kiri untuk melihat semua aplikasi yang diinstal.
BlackBerry 10 dilengkapi dengan sekumpulan aplikasi pra-instal, termasuk perangkat lunak untuk perkantoran (Docs to Go), editor video otomatis, BBM, dan Maps. Untuk piranti kamera, fitur Time Shift memungkinkan Anda memilih gambar terbaik dari beberapa yang diambil secara berurutan. Ada juga Balance, yang memisahkan pesan pribadi dan kerja, sehingga pengguna dapat menyimpan email kerja terpisah dari pesan pribadi.
IPhone 5 tidak memiliki fitur serupa, dan pengguna harus membayar untuk aplikasi sejenis Pages dan iMovie untuk mengedit dokumen. Namun, kualitas dari aplikasi iPhone yang berbayar umumnya lebih tinggi, dan kebanyakan orang tidak memisahkan pekerjaan dan kehidupan pribadi, sehingga kebutuhan untuk menggunakan Balance bisa diminimalkan.
Dalam segi konten, Apple terkenal sebagai rajanya. Mereka pun mendapatkan dukungan para developer yang jauh lebih banyak jika dibandingkan BlackBerry.
Untuk kekuatan batterai, keduanya mirip dalam arti jika digunakan secara normal akan bisa bertahan sehari, setelahnya butuh dicas lagi. Beberapa pakar menilai fitur batterai bukan hal yang paling penting dalam memutuskan ponsel mana yang akan dibeli.
Dari segi kapasitas penyimpanan, iPhone 5 tersedia dalam 16, 32 dan 64GB, namun tidak ada fitur menambahkannya dengan kartu memori. Sebaliknya untuk BlackBerry Z10 terdapat cuma satu model 16GB, tetapi memiliki slot microSD yang dapat digunakan untuk kartu memori hingga 64GB.
Jika Anda butuh penyimpanan besar dan dana menjadi perhatian, smartphone Z10 boleh jadi pilihan yang menggoda. Karna jika dibandingkan dengan harga iPhone 5 berkapasitas 64GB, Z10 plus membeil memori 64GB jatuhnya akan lebih murah.
Tidak seperti ponsel Android, baik iPhone 5 dan Z10 memerlukan perangkat lunak yang harus diinstal sebelum Anda dapat mentransfer file dari komputer ke ponsel. Dengan Z10, awalnya muncul sebagai drive CD, dimana Anda dapat menginstal perangkat lunak BlackBerry Link. Kemudian, Anda dapat mendrag dan drop file seperti layaknya pada perangkat Android.
IPhone 5, di sisi lain, selalu membutuhkan iTunes untuk mentransfer file. Kecuali jika hanya ingin mengkopi foto dan video, kinerjanya sama seperti kamera digital. Namun, Anda tidak dapat menyalin file ke iPhone.
Tidak seperti batterai, fitur kamera merupakan hal penting dalam memutuskan membeli smartphone. Karna jika bepergian keman-mana, seringkali diabadikan dengan mengambil momen penting tersebut, seperti foto dan video.
Pada rilis smartphone-smartphone terdahulu, fitur kamera pada BlackBerry kurang berkesan. Namun saat ini Z10 disuguhkan dengan 8MP, yang persis sama dengan iPhone 5. Dengan demikian kualitas foto yang dihasilkan pun setidaknya diharapkan tidak jauh beda.
Dalam review beberapa situs technologi terkenal, mengatakan spesifikasi ukuran megapixels tidak penting. Tapi yang perlu dilihat adalah kualitas foto dan video yang dihasilkan.
Di sini, hasil jepretan iPhone 5 terlihat sangat bagus, walaupun sama seperti kamera ponsel-ponsel lain akan menghasilkan gambar kurang berkualitas jika digunakan pada target dengan intensitas cahaya rendah (malam hari). Jika dipakai pada siang hari, apalagi pada object yang diam maka gambar yang dihasilkan sangat baik. Disamping itu, khusus untuk rekam video, iPhone 5 memiliki mikrofon belakang yang mengarah ke object sehingga kualitas audio yang dihasilkan pada video akan terdengar lebih jelas.
Untuk spesifikasi kamera Z10 juga sama, yakni memiliki kamera depan dan belakang, dan lampu flash LED di belakang. Pada ponsel ini lebih mudah menyusun foto daripada iPhone 5. Ada juga pilihan untuk menjepret dalam opsi 16:9 atau 4:3. Sementara IPhone5 hanya dapat digunakan untuk 4:3 saja. Untuk mengambil foto dengan memakai Z10 dapat menggunakan salah satu tombol volume atau cukup tekan layar di mana saja.
Kedua kamera smartphone ini memang jelas lebih baik daripada ponsel umumnya, dan sulit untuk membedakan kualitas secara keseluruhan. Pada beberapa kesempatan, iPhone 5 menghasilkan foto-foto yang lebih tajam, tetapi Z10 juga sama menghasilkan hasil yang lebih tajam dalam jepretan lainnya. Secara default, gambar dihasilkan Z10 lebih jenuh daripada iPhone dan juga tampaknya memiliki jangkauan dinamis yang lebih baik. Untuk video, iPhone 5 boleh dinilai menang. Karna memiliki stabilisasi yang lebih baik dan lebih tajam secara keseluruhan.
Dari segi harga, beberapa operator telekomunikasi di Indonesia menyediakan iPhone 5 dalam bentuk bundle dengan kontrak lama bervariasi. Sementara BlackBerry Z10 kabarnya akan dapat dibeli dalam bulan mendatang, kemungkinan Maret.
BlackBerry mengklaim volume penjualan Z10 diatas rekor sebelumnya di Inggris dan Kanada.Terlepas sukses atau tidaknya, masih terlalu awal untuk dinilai. Namun sementara ini, iPhone5 dan Samsung Galaxy S III menjadi pemimpin pasar smartphone dengan penjualan yang sangat tinggi.

0 comments: