Wah! Ada Voting Nama Bulan-bulan Kecil di Planet Pluto

2/16/2013


Astronom butuh bantuan Anda dalam memutuskan untuk dua nama bulan kecil yang mengedari planet Pluto. Caranya mudah, dengan voting memilih nama pilihan pada website mereka.
Pluto saat ini diketahui mempunyai lima bulan. Tiga diataranya telah memilki nama, yakni Charon, yang terbesar, kemudian Hydra dan Nix.
Sementara dua lainnya yang ditemukan pada tahun 2011 dan 2012 menggunakan teleskope Hubble belum diberikan nama resmi. Sejauh ini, keduanya disebut "P4" dan "P5".
Secara tradisi, nama-nama bulan Pluto berasal dari mitologi Yunani dan Romawi, dan berhubungan dengan cerita kuno. Website itupun memberikan pilihan nama-nama antara lain Acheron, Alecto, Cerberus, Erebus, Eurydice, Hercules, Hypnos, Lethe, Obol, Orpheus, Persephone, dan Styx.
Jika tidak selaras dengan 12 nama diatas, ada opsi untuk memberikan ide tersendiri dengan mengisi formulir. Jika ide nama itu menarik, kemudian akan ditambahkan sebagai pilihan.
Adapun voting untuk bulan P4 dan P5 akan dijadikan sebagai pertimbangan di komunitas astronomi internasional. Voting berakhir pada Senin, 25 Februari, 2013.
Bagi yang berminat berpartisipasi, silakan klik disini: http://www.plutorocks.com/

0 comments: